Ketika musim haji tiba tentunya jamaah asal Indonesia tidak akan pernah sepi. Sejak berabad-abad lamanya, secara bergantian mereka mendatangi ke kota suci Mekkah untuk menunaikan rukun Islam kelima. Jamaah haji dari Indonesia tercatat sebagai jumlah jamaah paling besar dibandingkan dengan jamaah dari negara lain. Semakin berkembangnya zaman serta majunya teknologi, proses pemberangkatan ke tanah suci pun pastinya makin mudah.

Ada beberapa fase yang telah dialami berkaitan cara orang pergi ke tanah suci untuk beribadah haji. Saat ini proses keberangkatan ke tanah suci terbilang mudah karena adanya dukungan pemerintah ditambah dengan layanan-layanan transportasi yang ditawarkan. Lalu bagaimana pelaksanaan ibadah haji di masa lalu ketika pesawat terbang belum ditemukan? Di Indonesia sendiri kewajiban ibadah haji sudah dikenal sejak dekade pertama penyebaran Islam di Nusantara. Mereka yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji menggunakan kapal dagang dari Cina, India, Timur Tengah, Arab, atau Persia untuk mengarungi lautan selama berbulan-bulan menuju Jedah.

Lalu di abad 18, mayoritas masyarakat Indonesia pergi ke Mekkah bukan hanya untuk beribadah haji. Melainkan sekaligus untuk belajar ilmu agama. Biasanya mereka yang pergi ke Mekkah datang dari kalangan petani, nelayan, dan peternak. Selanjutnya di tahun 1825, Pemerintah Hindia Belanda membuat peraturan yang mewajibkan para jamaah haji dari Jawa membayar sejumlah uang untuk mendapatkan izin beribadah haji dan kapal yang digunakan harus kapal Belanda. Calon jamaah yang kedapatan tidak membayar maka akan dikenakan biaya 2 kali lipat sekembalinya dari Mekkah. Kemudian peraturan tersebut diubah, para jamaah diwajibkan memiliki paspor haji dan denda pajak dihapuskan. Namun Pemerintah Hindia Belanda melalui Gubernur menginstruksikan untuk melakukan pengawasan ketat kepada para jamaah haji.

Dari masa ke masa waktu ke waktu proses keberangkatan haji makin berubah dan makin mudah prosesnya. Ditambah lagi berkembangnya sarana transportasi yang semakin cepat membawa para jamaah tiba ke Mekkah dalam hitungan jam. Perubahan itu tentunya membawa perbaikan dari penyelenggaraan haji di Indonesia. Masyarakat muslim di Indonesia semakin dimanja dengan berbagai pelayanan dan perlindungan yang lebih baik dari sebelumnya. Kemudian biayanya pun relatif murah.

Kini ada Manasik.co.id yang menjadi agen travel haji dan umroh terbaik untuk Anda.