Setiap tahunnya, sebanyak jutaan jemaah haji di seluruh dunia akan berkumpul tumpah ruang di Tanah Suci. Ibadah haji merupakan ibadah wajib yang dilakukan untuk menyempurnakan rukum Islam kelima. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para jamaah sebelum masuk ke tanah suci adalah miqat. Miqat sendiri merupakan lokasi atau tempat bagi seorang jamaah haji menggunakan pakaian ihram atau sedang berihram, sebelum masuk ke tanah suci. Melakukan niat untuk berihram ini merupakan rukun pertama dari sahnya ibadah haji.

Miqat ini terbagi dalam dua bagian, yakni miqat Zamani dan miqat Makani. Miqat Zamani ini merupakan miqat atau batas yang memiliki keterkaitan dengan waktu yakni kapan ibadah haji dilakukan. Untuk ibadah haji, miqat zamani dimulai sejak awal bulan Syawal hingga terbit fajar tanggal 10 Zulhijah. Sedangkan untuk umrah, miqat zamani berlaku sepanjang tahun ketika umrah dilaksanakan. Selanjutnya mengenai miqat makani merupakan miqat yang berhubungan dengan tempat. Hal ini berarti bahwa seseorang yang akan beribadah haji atau umrah harus berniat dengan mengenakan ihram berdasarkan lokasi yang telah ditentukan sebelum masuk ke tanah suci.

Beberapa lokasi miqat makani bagi jamaah haji dan umrah yakni.

  1. Dzullhulayfah atau Bir Ali yang merupakan miqat untuk jamaah yang datang dari Madinah. Letaknya sekitar 9 km dari Madinah dan sekitar 450 km dr Mekkah.
  2. Juhfah yang jaraknya 183 km dari arah barat laut Mekkah, merupakan miqat bagi para jamaah haji dari Syam, Mesir, dan Maroko, atau yang searah.
  3. Qornul Manazil merupakan miqat untuk jamaah haji yang berada di Najed (Riyadh) atau bagi siapapun jamaah haji yang datang dari arah tersebut. Lokasinya berbukit dengan jarak sekitar 75 km dari sebelah timur Mekkah.
  4. Dzatu Irqin merupakan miqat yang letaknya di utara Mekkah dengan jarak 94 km dari Mekkah. Miqat ini diperuntukkan bagi jamaah dari Iraq dan yang searah.
  5. Yalamlam ada di daerah perbukitan dengan jarak sekitar 92 km di sebelah Tenggara Mekkah dan merupakan miqat untuk jamaah haji dari Yaman atau yang searah dan juga dari Asia.