Masjidil Haram merupakan masjid yang letaknya di pusat kota Mekkah. Masjid ini dianggap sebagai tempat paling suci bagi seluruh umat Islam. Para jamaah haji, masjid ini pastinya menjadi tempat utama untuk beribadah haji.

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia. Selanjutnya diikuti oleh Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah yang juga dianggap sebagai tempat paling suci bagi umat muslim. Secara keseluruhan luas dari Masjidil Haram mencapai 356.800 meter persegi dan mampu menampung jamaah sebanyak 820.000 saat musim haji dan jumlahnya mampu bertambah dua kali lipat menjadi dua juta jamaah ketika sholat Id.

Masjid ini keberadaannya sangat penting dan diperhitungkan di dalam agama Islam. Selain menjadi kiblat, Masjidil Haram juga menjadi tempat bagi para jamaah haji dan umrah ketika melakukan berbagai ritual seperti tawaf dan sa'i yang merupakan ibadah wajib ketika berhaji atau umroh. Masjidil Haram sendiri memiliki pengertian tidak hanya sebagai masjid di Mekkah saja. Banyak pendapat dari ulama mengenai Masjidil Haram ini, salah satunya datang dari Syaikh Abdurrahman As-Sudais yang mengartikan bahwa Masjidil Haram merupakan sebuah tempat di kota Mekkah.

Bagi para jamaah haji maupun umroh yang berkunjung ke Masjidil Haram, pastinya harus melakukan beberapa hal yang perlu. Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan ketika pergi ke Masjidil Haram. Apa saja? Berikut ini uraiannya.

  1. Bawa sajadah yang tidak terlalu lebar serta mudah dilipat.
  2. Membawa Al Qur'an atau buku-buku doa lainnya.
  3. Membawa kantung plastik yang dipakai untuk membungkus sandal atau alas kaki lainnya.
  4. Membawa botol plastik yang bisa dipakai untuk wadah air zam-zam sebelum kembali ke penginapan.
  5. Membaca kacamata hitam.
  6. Membawa uang secukupnya yang bisa anda pakai untuk melakukan sedekah.
  7. Disarankan untuk tidak membawa banyak barang. Karena hal ini akan memperlambat proses pemeriksaan oleh petugas.
  8. Jangan membawa barang belanjaan masuk ke dalam masjid. Bila kedapatan membawa maka petugas akan memintanya untuk ditinggalkan di luar barang belanjaannya.
  9. Tidak diperkenankan membawa handphone terutama handphone yang dilengkapi dengan kamera.

Bila tips-tips di atas bisa anda lakukan dengan sebaik-baiknya, maka ketika pergi ke Masjidil Haram lebih nyaman dan ibadah anda tentunya semakin khusyuk.