Lontar jumroh atau lempar jumroh merupakan kegiatan wajib yang dilakukan para jamaah haji ketika melakukan ibadah haji di kota suci Mekkah, Arab Saudi. Para jamaah yang mengikuti kegiatan ini caranya dengan melemparkan batu yang kecil ukurannya ke tiga tiang di kota Mina.

Para jamaah yang akan melempar jumroh, harus mengumpulkan batu-batuan dari tanah di hamparan Muzdalifah dan kemudian melemparkannya. Kegiatan ini merupakan rangkaian kesembilan dari rangkaian kegiatan ritual yang harus dilakukan ketika melaksanakan ibadah haji. Pada umumnya aktivitas ini menarik jumlah peserta yang sangat besar bahkan hingga mencapai lebih dari satu juta jamaah. Kegiatan melempar jumroh ini merupakan kegiatan yang wajib hukumnya dilakukan bagi para jamaah. Bagaimanapun kondisi para jamaah, tentunya harus melakukan lempar jumroh. Bagi para jamaah yang ingin melakukan lempar jumroh dengan aman, berikut ini ada tips yang aman bisa dilakukan.

  1. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kegiatan lempar jumroh ini wajib dilaksanakan bagaimanapun kondisi para jamaahnya. Maka dari itu bila ada jamaah yang sedang sakit, untuk melakukan lempar jumroh bisa menggunakan kursi roda untuk menuju lokasi tempat jumroh berada.
  2. Para jamaah harus mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh pengurus maktab.
  3. Biasanya para jamaah yang berasal dari Indonesia melontar jumroh bisa dilakukan pada waktu sore atau fajar.
  4. Para jamah sebaiknya menghindari waktu afdal, karena itu akan beresiko. Usahakan ketika melontar jumroh sesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan dan dilakukan bersama-sama rombongan.
  5. Ambillah waktu ikhtiar yakni ketika tidak terlalu ramai. Dan lakukan pada waktu sore hingga malam hari.
  6. Segeralah ketika berada di terowongan Mina, meski kini sudah dibuat satu jalur dan sirkulasi udara pun bagus namun padatnya jamaah tentu bisa membuat pengap, terlebih ketika hujan turun. Hal ini dikarenakan para jamaah dari Timur Tengah tidak memiliki maktab dan akan berteduh di dalam terowongan.
  7. Kenakan sepatu sandal yang dilengkapi tali tumit. Padatnya jamaah membuat sandal tali tumit mudah terinjak oleh jamaah lain di belakangnya. Hal itu akan beresiko jatuh dan berselisih dengan jamaah lainnya.

Demikian tips-tips aman saat melempar jumroh yang bisa anda ketahui. Dengan melakukan lempar jumroh sesuai tips di atas maka kegiatan anda saat melempar jumroh akan aman.