Thawaf merupakan salah satu rangkaian dari pelaksanaan ibadah haji dengan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali. Di tiga putaran pertama dianjurkan untuk lari-lari kecil dan selanjutnya berjalan biasa. Ada empat thawaf yang bisa diikuti, yaitu tawaf qudum, tawaf ifadah, wada, dan sunah.

Tawaf dalam pelaksanaan ibadah haji hukumnya wajib. Tawaf adalah rukun haji pertama yang dilakukan oleh para jamaah haji. Maka dari itu, setiap jamaah haji perlu melakukan aktivitas ini dengan nyaman. Untuk melakukan thawaf supaya nyaman, maka para jamaah haji bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

  1. Hafalkan doa-doa singkat. Anda juga bisa menyibukkan diri dengan catatan hal itu kadang kurang efektif selain itu juga bisa mengurangi kekhusukan dalam beribadah.
  2. Saat akan melakukan thawaf hendaknya berangkat bersama rombongan. Sebaiknya anda hindari melaksanakan thawaf dan sai sendiri-sendiri, kecuali yang sudah sering melakukannya dan itupun mendapat izin dari ketua rombongan.
  3. Pastika anda sudah makan ketika akan melakukan thawaf. Hal ini bertujuan untuk menjaga stamina supaya tubuh tetap prima ketika melaksanakan thawaf dan sai. Perlu diingat, perjalanan mengitari Ka'bah sebanyak tujuh kali ini cukup menguras tenaga. Dalam proses melaksanakan thawaf ini bisa memakan waktu 3 jam dan waktu selama itu anda harus melakukannya dengan berjalan kaki. Maka dari itu pastikan untuk memiliki kondisi fisik yang prima ketika melakukan ibadah tersebut.
  4. Bila anda terpencar dan terbagi dalam beberapa kelompok kecil, maka anda bisa melakukan kesepakatan untuk bertemu pada satu titik lokasi. Sepakatilah tempat yang mudah dicari dan dikenal. Setiap pintu masjid Masjidil Haram memiliki nama-nama sendiri. Anda juga bisa menanyakan langsung kepada para petugas Masjidil Haram bila kesulitan mencari pintu-pintu tersebut.
  5. Hindarilah ketika waktu padat. Para pemimpin rombongan biasanya akan memberi tahun waktu-waktu yang sepi untuk melaksanakan thawaf supaya nyaman. Waktu yang nyaman untuk Thawaf biasanya selepas Isya dan juga pagi hari dimana pada waktu itu kondisi Masjidil Haram sedang sepi.

Bila anda melakukan tips-tips di atas, maka pelaksanaan thawaf yang anda lakukan dijamin aman dan tidak terkendala.