Musim haji yang terjadi setiap tahun tentu banyak jamaah dari Indonesia yang juga ikut serta untuk melaksanakan ibadah haji. Para jamaah yang akan menuju ke tanah suci tentu menempuh perjalanannya dengan menggunakan pesawat. Di Indonesia maskapai yang biasa mengangkut para jamaah adalah Garuda Indonesia dan juga Saudia Airlines. Perjalanan ke tanah suci ditempuh selama 9 jam. Pastinya perjalanan yang akan ditempuh tentu bisa jadi terasa menjemukan. Terutama bagi yang tidak terbiasa menempuh perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat serta baru pertama kali merasakan naik pesawat.

Lalu bagaimana sebaiknya para jamaah ini mengatasi rasa jemunya selama di pesawat? Ada banyak tips yang bisa dilakukan para jamaah supaya perjalanannya ke tanah suci dengan pesawat tetap terasa nyaman. Apa saja tipsnya? Mari simak ulasan berikut.

1. Bagi para jamaah buatlah tempat duduknya senyaman mungkin. Sebaiknya membawa barang secukupnya ke dalam kabin pesawat.

2. Disarankan untuk menggunakan waktu tidur yang cukup dan cermat. Jangan terlalu berlebihan, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh para jamaah.

3. Jangan meminum, minuman berkafein. Cukuplah minum air putih, jus buah, dan makanan yang secukupnya selama di pesawat. Minuman yang mengandung kafein akan bisa meningkatkan rasa cemas. Makanan yang diberikan oleh pramugari, supaya segera dimakan dan dihabiskan dan jangan ditunda-tunda serta tidak dihabiskan.

4. Gunakan sabuk pengaman selama di dalam pesawat, baik dalam kondisi tidur maupun tidak.

5. Gerakkan kaki setiap 2-3 jam supaya tidak terasa kaku dan menghindari resiko terjadinya DVT yakni tersumbatnya pembuluh darah vena akibat lepasnya bekuan-bekuan dinding pembuluh darah.

6. Supaya resiko nyeri telinga berkurang akibat perbedaan tekanan udara, bukalah mulut ketika pesawat take off dan juga landing. Permen yang dibagikan tentunya berguna dengan tujuan mulut mengunyah dan terbuka ketika pesawat naik maupun mendarat, sehingga resiko nyeri telinga berkurang.

7. Jangan menahan untuk buang air kecil selama di pesawat. Bila belum mengetahui bagaimana cara menggunakan toilet di pesawat, tanyakan kepada awak kabin. Menahan buang air kecil selama penerbangan tentunya beresiko bagi kesehatan.

8. Berdoa untuk keselamatan semuanya dan ikuti semua petunjuk yang diarahkan para awak kabin.