Anda yang berencana untuk pergi haji tentunya sebelum melaksanakan ibadah tersebut, harus melakukan manasik haji terlebih dahulu. Manasik haji penting dilakukan serta memberikan manfaat sebagai bentuk pembelajaran ketika melakukan ibadah haji. Menurut pengertiannya, manasik haji merupakan petunjuk dan penjelasan mengenai tata cara prosesi untuk melakukan ibadah haji. Manasik haji ini dilakukan sebagai tuntunan yang berkaitan dengan rukun, wajib, serta sunnah haji yang menggunakan miniatur ka'bah yang dilaksanakan sebelum melaksanakan ibadah haji.

Penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa manasik haji merupakan tatacara dan pelaksanaan ibadah haji. Hal ini adalah hak yang tidak bisa diabaikan bagi muslim ketika akan melaksanakan ibadah haji sebelum melaksanakan ibadah haji. Manasik haji dilakukan untuk memberi pemahaman bagi calon jamaah haji mengenai tujuan dari keberangkatannya ke tanah suci. Tujuan dilaksanakannya manasik haji yaitu untuk memberikan kemudahan bagi calon jamaah haji supaya memahami mengenai hal yang berkaitan dengan ibadah haji. Pemahaman itu harus dipahami baik secara teoritis dan juga praktis sehingga diharapkan bisa menjadi calon jamaah yang mandiri serta mampu untuk melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

Tentunya selain memiliki tujuan, manasik haji juga memiliki manfaat bagi calon jamaah haji. Adapun yang menjadi manfaat dari manasik haji adalah.

1. Manasik haji memberikan pengetahuan mengenai doa-doa sunnah mulai dari keluar rumah serta hal-hal yang haram dilakukan ketika melaksanakan ibadah haji.

2. Manasik haji memberi pemahaman mengenai hal-hal mana yang wajib, rukun, sunah, dan haram ketika melaksanakan ibadah haji.

3. Manasik haji memberikan hal-hal yang bisa diketahui bagaimana kondisi Mekkah dan Madinah yang gunanya untuk memberikan persiapan bagi jamaah haji yang lainnya.

4. Melakukan manasik haji bisa untuk mengenal antara satu jamaah dengan jamaah lainnya ketika berada di Mekkah supaya bisa saling membantu.

5. Belajar bahasa Arab sebagai media komunikasi selama di tanah suci.

Demikianlan apa yang dimaksud dengan manasik haji serta apa yang menjadi manfaat manasik haji sebagai wawasan bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah haji.