Umroh tentunya banyak yang ingin menunaikannya. Pastinya setiap jamaah yang berkesempatan melaksanakan ibadah umroh akan dilaksanakan dengan sepenuh hati serta mendapatkan kenyamanan supaya saat menjalankannya sangat khusyuk dan juga ibadahnya diterima Allah secara sempurna. Meski demikian, untuk menjalankannya maka anda butuh untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar maksimal dan juga matang.

Ibadah umroh biasa dilakukan dengan menggunakan penanggalan hijriyah. Pastinya dengan kondisi demikian, akan memengaruhi kondisi serta cuaca yang terjadi di tanah suci. Untuk itulah para jamaah tentu harus mempersiapkan kondisi apapun yang terjadi di Arab dan semaksimal mungkin memperhatikan hal-hal berikut.

1. Pelaksanaan ibadah dan waktu ibadah

Biasanya umroh bisa dilakukan kapan saja setelah musim haji berakhir. Ada waktu-waktu terbaik ketika menjalankan umroh. Waktu-waktu tersebut perlu diketahui bahwa Arab Saudi yang iklimnya bergurun. Di bulan-bulan Juni-Agustus, di Arab sedang musim panas dimana suhunya bisa mencapai 45 derajad celcius.

Namun, di bulan-bulan November hingga Februari Arab sedang mengalami musim dingin yang suhunya sekitar 38-42 derajad di siang hari dan 8 derajad celcius di malam hari. Lalu di bulan Maret hingga Mei di Arab cuacanya bisa dikatakan sejuk dan lebih bersahabat. Maka dari itu, para jamaah yang ingin berumrah bisa mempertimbangkan waktu untuk melaksanakan ibadah umroh sesuatu waktu yang terbaik di antara waktu-waktu di atas. Sehingga anda bisa menunaikan ibadah dengan maksimal pastinya.

2. Biaya

Selain faktor iklim dan cuaca, satu lagi yang menjadi faktor dalam pelaksanaan umroh adalah menentukan biaya yang akan dikeluarkan ketika menunaikan ibadah umroh. Bila beberapa jamaah memilih beribadah umroh di musim liburan, menjelang musim haji atau jelang Ramadhan anda tidak perlu heran jika biaya yang harus dikeluarkan bisa melambung tinggi. Hal ini dikarenakan di musim tersebut, jamaah umroh sangat banyak. Kemudian di saat yang sama juga terjadi persaingan ketat antara sesama maskapai dan biro perjalanan umroh.

Maka tidak jarang biro travel umroh kesulitan untuk mendapatkan penawaran tiket pesawat murah. Sehingga akibatnya, harga paket umroh menjadi lebih mahal. Jika para jamaah ingin mendapatkan biaya paket umroh murah, anda bisa memilih manasik.co.id sebagai partner perjalanan umroh anda.