Banyak sekali biro perjalanan umroh yang bisa dipilih untuk melayani anda yang ingin beribadah umroh dengan aman dan nyaman. Peluang bisnis umroh ini sangat menjanjikan, karena musim umroh yang lebih panjang dibandingkan musim haji. Meningkatnya animo masyarakat Indonesia untuk melaksanakan ibadah umroh tentunya membuat banyak agen umroh sangat potensial dikembangkan dan memberikan profit yang tinggi.

Di sisi lain, apa yang terjadi itu sangat disayangkan banyak pihak yang ingin berbuat tidak tanggungjawab untuk melakukan hal-hal yang merugikan calon jamaah umroh. Bila anda ingin melaksanakan ibadah umroh dengan baik dan khusyuk pastinya, tentu anda harus lebih teliti ketika memilih agen travel yang memiliki kredibilitas dengan baik. Supaya tidak terjadi kasus-kasus penipuan umroh yang pernah terjadi, tentu anda harus mewaspadai apa saja ciri dari agen travel yang baik itu.

Berikut ini ada 5 cara untuk mengetahui agen travel haji dan umroh palsu. Melalui cara-cara tersebut, maka anda bisa terhindar dari penipuan yang dilakukan agen-agen travel haji dan umroh palsu.

1. Menawarkan harga yang murah dan tidak masuk akal

Meskipun harganya murah belum tentu agen haji dan umroh itu palsu, namun bila anda menemui sebuah agen yang menawarkan harga di luar kewajaran dengan harga yang normal, maka sudah sepantasnya anda perlu curiga. Biasanya agen-agen umroh ini menawarkan sekitar 7-12 juta dengan iming-iming kuota terbatas dan promo. Padahal kenyataannya untuk harga normalnya jauh dari harga tersebut.

2. Tidak memiliki kantor

Saat anda mendapat penawaran paket umroh yang menarik, lebih baik anda cek dimana kantor dari perusahaan itu. Jangan sampai anda begitu saja memberikan uang ke perusahaan yang tidak jelas bahkan tidak memiliki kantor secara permanen.

3. Tidak ada website resmi

Bila anda menemui penawaran paket umroh murah, dan tidak memiliki website dari agen travel tersebut, sebaiknya anda berpikir dua kali untuk mendaftarkan diri sebagai peserta umroh.

4. Tidak terdaftar

Agen travel umroh palsu tentunya tidak terdaftar di Kementrian Agama. Jika tidak terdaftar otomatis agen travel umroh tersebut tidak berizin dan tidak diperkenankan untuk menyelenggarakan perjalanan umroh dan haji. Lebih baik cek dulu sebelum terlanjur mendaftarkan diri.

5. Uang dipakai untuk usaha lainnya

Salah satu tujuan menerapkan harga umroh murah karena pihak penyelenggara butuh modal cepat dengan menggunakan uang para calon jamaah tersebut. Mereka menggunakan uangnya untuk ditaruh di pasar uang. Bila untung maka para calon jamaah bisa segera berangkat, namun jika sebaliknya maka mereka akan kabur dan menelantarkan para calon jamaah.